taranarwastu

sebuah sisi lain dari thomas aryo baskoro semedi

Sejarah Pizza

Tinggalkan komentar

Pizza…makanan khas orang Italia ini sekarang sudah menjadi makanan yang hampir tersebar diseluruh dunia. saya sendiri mencatat di Indonesia, banyak brand atau merk Pizza yang tersebar di seluruh kota di Indonesia, bahkan di negara asalnya, kedai Pizza sekarang sudah mencapai lebih dari 30.000 kedai dan kalau dibagi ke semua orang Italia, maka satu orang Italia akan mendapat 45 Pizza dalam setahun.

Mungkin banyak yang belum mengetahui seperti apa sih sejarah dari makanan yang berbentuk bulat, dengan aneka toping dan bertabur keju itu ?

Pizza itu Asalnya dari Rakyat Jelata

Pizza bisa jadi berasal dari Napoli sekitar tahun 1720. Pada saat itu,pizza umumnya dianggap sebagai makanan rakyat miskin (Sekarang makanan rakyat menengah ke atas dan Mahal harganya!!!!), makanan siap saji yang dijual dan dinikmati di luar rumah. Penjualnya berkeliling di jalan-jalan,sambil berteriak menjajakan dagangan mereka yang lezat.
Supaya tetap hangat, pizza disimpan di dalam wadah scudo, sebuah wadah tembaga yang ditaruh di kepala si penjual.
https://i2.wp.com/blogs.kansas.com/haveyouheard/files/2009/04/pizza.jpg
Adalah Raja Ferdinand I yang akhirnya memberi tahu orang-orang istana tentang kegemarannya akan pizza. Tidak lama kemudian,karena pizza yang dijual di jalanan jauh lebih lezat, orang-orang kaya dari golongan elite dan kerajaan mulai menyerbu kedai pizza.
Cucu laki-laki Ferdinand, Raja Ferdinand II, sampai-sampai menyuruh orang membangun pemanggang dengan bahan bakar kayu di kebun-kebun Istana Capodimonte tahun 1832. Jadi,ia bisa menyenangkan tamu-tamunya dari kaum bangsawan.

Apakah Pizza Bergizi?https://i2.wp.com/www.watchmojo.com/blogs/images/pizza.jpg

Jaman sekarang, pizza adalah makanan favorit anak muda ,tapi perlu diwaspadai juga. Supaya bergizi, pizza harus dibuat dengan bahan-bahan yang sehat yang menghasilkan karbohidrat, protein, juga lemak dalam jumlah yang seimbang dan yang kaya dengan vitamin, mineral, dan juga asam amino. Minyak zaitun, salah satu bahan yang disarankan untuk pembuatan pizza, meningkatkan pembentukan HDL, yaitu jenis kolesterol baik yang membantu membersihkan pembuluh darah.

https://i1.wp.com/i613.photobucket.com/albums/tt215/hahock/pizza-hut-double-deep-pizza-730704.jpg
Pizza yang dipanggang dengan baik jarang menyebabkan problem pencernaan. Ini disebabkan,antara lain karena karbohidrat di dalam tepung mendapat banyak cairan selama proses pemerasan dan pemberian ragi. Selain itu,adanya karbohidrat kompleks juga menimbulkan rasa kenyang, sehingga orang yang paling tergila-gila pizza-pun tidak akan makan berlebihan.
http://surya554sangtrainer.files.wordpress.com/2008/07/pizza1.jpg
Lain kali, kalau Anda makan pizza, ingat asalnya yang sederhana. Dan syukurlah, Raja Ferdinand I tidak merahasiakan kecintaannya akan pizza.

 

 

Penulis: taranarwastu

seseorang yang mencoba belajar menulis dengan jujur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s